(
USAHA TV KABEL PARABOLA BERLANGGANAN )
Alamat
jln.Kebayoran Baru No.12b Jakarta Selatan Sulawesi Selatan
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan tuntunan-Nya, sehingga penyusun
dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini dengan sebaik mungkin. Proposal
ini dibuat karena merupakan salah satu syarat untuk memenuhi mata kuliah
Kewirausahaan. Proposal ini tidak dapat tersususn dengan baik tanpa bantuan
dari berbagai pihak, oleh karena itu penyusun mengucapkan terima kasih kepada
yang dosen pembimbing, teman-teman, serta orang tua yang telah membantu
penyusun dalam proses penyusunan bahkan penyelesaian proposal ini. Semoga budi
baik dan jasa-jasa mereka akan mendapatkan balasan yang baik dari Tuhan Yang
Maha Esa. Amin.Penyusun berharap proposal ini dapat bermanfaat begi penulis
pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Penyusun
ADE FANI
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
.................................................................................................................................2
Daftar Isi......................................................................................................................................... .3
BAB I
PENDAHULUAN ..........................................................................................................................4
A.
Latar Belakang ............................................................................................................................4
B.
Tujuan Perusahaan ..................................................................................................................... 4
C. Keunggulan tv kabel
.................................................................................................................. 4
BAB II
GAMBARAN UMUM TV KABEL ............................................................................................. 5
A.
TV kabel dan cara membuatnya ................................................................................................ 5
B.
Siaran / Chanel
........................................................................................................................... 5
C.
Pesaing ........................................................................................................................................6
D. Saluran Distribusi
.......................................................................................................................6
BAB III
PEMBAHASAN ............................................................................................................................ 7
A.
PROFIL PERUSAHAN
.....................................................................................................................7
B.
ASAS
LEGALITAS.....................................................................................................................7
C.
SASARAN DAN TARGET ........................................................................................................7
D.
CARA
KERJA............................................................................................................................
7
E.
JANGKAUAN PELAYANAN
.................................................................................................. 7
F.
KAJIAN BIAYA
.........................................................................................................................8
G. MANAGEMENT KEUANGAN
................................................................................................8
BAB IV
PENUTUP ......................................................................................................................................9
LAMPIRAN 1 ..............................................................................................................................10
LAMPIRAN 2 ...........................................................................................................................11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dewasa
ini tontonan televisi sering menjadi pilihan para masyarakat untuk menghibur dari
kejenuhan,mencari informasi dan lain sebagainya. Banyaknya acara \chanel di tv
yang berfariasi menambah daya tarik tersendiri, seperti chanel kartun,
sinetron, film, berita, dan lain sebagainya.Maka dari itu kebanyakan dikota
indonesia bahkan luar negri membuat usaha jasa yang menyediakan siaran-siaran
\cahanel yg menarik. Yaitu adalah tv kabel berlangganan.
B. Tujuan Perusahaan Secara garis besar tujuan usaha yang dibuat adalah ;
1. Menciptakan lapangan kerja.
2. Memberi pelayanan pada
masyarakat.
3. Mempermuda masyarakat dalam
mengakses siaran TV local maupun internasional dengan
mudah dan murah (sangat terjangkau)
C. Keunggulan tv kabel
Tv kabel mempunyai banyak
keunggulan ;
a. ganbar lebih jernih
b. tidak memakai tiang antenna
atau parabola yang akan di pasang ke pelanggan
c. siaran\chanel yg lebih banyak
dalam negri maupu luar negri
d. lebih murah biaya langganan
daripada tv berlangganan yang lain seperti berlangganan telkomvision, dll
e. acara bisa di tentuka sesuai
yang kita harapkan dan bisa menyiarkan acara lokal seperti liputan-liputan
acara dari studio tersebut
f. bisa untuk acara iklan dari
daerah itu sendiri ,seperti iklan usaha ,iklan partai, dan pemberitahuan
tentang segala hal.
BAB II
GAMBARAN UMUM TV KABEL
A. TV kabel dan cara
membuatnya
Tv
kabel adalah usaha yang menjual jasa yang berbentuk siaran\chanel,
cara
membuatnya ;
1) membuat central \pusat tv
kabel yang didalamnya ada rangkaian alat-alat seperti; parabola, receiver,
modulator, Trunk amplifayer (penguat signal), power supply, tap, spliter, yang
di gabung menjadi satu.
2) medistribusikan hasil cental
{signal} tersebut melalui kabel ,yang di pasang pada tiang-tiang telkom yang
setiap tiangnya kabel akan di potong dan di beri alat penyambung (optic),
penguatsignal untuk menyambung ke konsumen\pelanggan.
B. Siaran / Chanel
Siaran\chanel
yang akan di berikan kepada pelanggan sebagai berikut :
a. Siaran TV Lokal dan Nasional
1) Kompas TV
2) TV Edukasi
3) TV One
4) RCTI
5) SCTV
6) Shine TV
7) Metro TV
8) MNC TV
9) Global TV
10) Indosiar
11) J Chanel
12) ANTV
13) Trans TV
14) Trans 7
15) TVRI
16) B Chanell
b. Siaran TV Internasional
1) Nickolodeon
2) Cartoon Network
3) Australia Network
4) Spacetoon
5) FOX
6) FOX Movie Premium
7) Star World
8) HBO
9) Cinemax
10) Star Sport
11) FOX Crime
12) Dubai Sport
13) Celectial
14) National Geographic
15) AXN
16) ESPN
17) ZBTV
C. PESAING
Pada saat ini
pesaing dalam layanan tv berlangganan / tv kabel memang sudah cukup ketat.
Dimana lokasi studio kami berada sudah ada beberapa yang juga melakukan usaha
yang sama dengan kami. Tetapi kami yakin usaha yang kami jalani dapat terus
berjalan dengan baik dan maju, dengan cara usaha yang keras dan sungguh-sungguh
serta pelayanan terbaik yang kami lakukan, tidak akan kalah dalam persaingan
dengan usaha-usaha yang orang lain lakukan.
D. Saluran Distribusi
Cara yang akan dilakukan dalam
melakukan usaha ini, yakni menyalurkan siaran-siaran lokal/nasional maupun
internasional kepada setiap pelanggan yang ada, yakni : 16 Channel
Lokal/Nasional dan 17 Channel Luar/Internasional.
BAB III
PEMBAHASAN
A. PROFIL PERUSAHAN
1. Identitas Perusahaan
Nama Perusahan :
TV Kabel Kuranga
Alamat : Jl. Kampus Talete II Lingk. III Kec.
Tomohon Tengah
No. Telp. : (0431) 352.325
Bentuk Usaha : Jaringan
2. Susunan Pengurus
Pimpinan
Perusahan : Winda Sari
Karyawan : Annisa
Lelawati
Irmawati
Alvina Dwi Arti
B. ASAS LEGALITAS
Telah
disahkan oleh ;
o Notaris & Pejabat Pembuat
Akte Tanah (PPAT),
o Kantor Pelayanan Perijinan
Terpadu (KPPT)
o Badan Kesatuan Bangsa, Politik,
Dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Kota
o Dinas Perhubungan Komunikasi
dan Informatika Kota
C. SASARAN DAN TARGET
Sebelum
membuat centaral tv kabel perlu dperhatika hal-hal sebagai berikut :
a. Penempatan central yang sangat
strategis yaitu dengan banyaknya rumah-rumah kost, perkantoran, persekolahan,
rumah warga yang cukup padat
b. Taraf ekonomi masyarakat
menengah ke atas{di kota}. bisa di simpulkan semakin banyak perumahan semkin
banyak kesempatan meraih pelanggan . Target dalam 1 tahun pelanggan 350-500
pelanggan atau lebih.
D. CARA KERJA
Cara
kerja yang perlu di lakukan :
a. central tv kabel harus selalu
di control setiap saat
b. apabila akan mengadakan
pemasangan pada pelanggan baru, sebelum memasang ke pelanggan baru tersebut
terlebih dahulu kita survey tempatnya
c. jaringan\kabel yang berada di
tiang Telkom harus selalu di kontrol
d. konsumen yang akan
memasang\mendaftar tentunya sudah menghubungi kantor/ studio, dan
mesetujuisyarat-syarat yang di ajukan.
e. Pelanggan TV Kabel harus
membayar iuran TV setiap bulanya.
E. JANGKAUAN PELAYANAN
Central Pusat/Lokasi Studio
Wilayah kakaskasean (sampai pom bensin)
Wilayah
Kakaskasen Parakletos & Ukit (Rumah Kost)
Wilayah
Talete II (Perkantoran, Persekolahan, Perkuliahan, rumah kost)
Wilayah
Sebagian Talete II & Kamasi Lewet
Wilayah
Talete I (Rumah warga
Wilayah
Terminal Beriman Kota Tomohon (Kelurahan Talete I)
F. KAJIAN BIAYA
Biaya-biaya,
1. Biaya modal awal atau
pembuatan central\pusat tv kabel beserta daftar dan banyaknya alat alat yang
akan di beli sebagai berikut ;
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga /Unit
(Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
1
|
Resiver
|
30
|
1.100.000
|
33.000.000
|
2
|
Modulator
|
30
|
1.750.000
|
52.500.000
|
3
|
Boster Outdor
|
10
|
750.000
|
7.500.000
|
4
|
Kabel
|
10 rol
|
1.500.000
|
15.000.000
|
5
|
piring parabol
|
3 set
|
750.000
|
2.250.000
|
6
|
Motor penggerak
|
1 set
|
750.000
|
750.000
|
7
|
Power Suppy
|
2
|
1.250.000
|
2.500.000
|
2. Biaya teknisi Rp 10.000.000
3. Biaya membuat izin pelayanan
tv berlangganan +/- Rp100.000.000
4. Biaya akomodasi Rp 1.000.000
(ongkos pembelian alat, makan)
5. Biaya pembelian motor untuk
kegiatan kerja rutin 5-10 juta
Jadi
untuk biaya modal awal kuarang lebih : Rp 249.205.000
Selain
biaya modal awal seperti di atas ada juga biaya perawatan rutin, setiap bulanya
:
1. Pembayaran listrik Rp 250.000
/bulan
2. Pembayar gaji karyawan Rp
1.000.000/4 karyawan /bulan
3. pembelian alat, kabel, boster
tap, spliter, solasi (alat menyambung atau perawatan), voucer paket channel
/bulan Rp 5.000.000
G. MANAGEMENT KEUANGAN
Pihak
investor adalah pemilik saham utama
karyawan
yang dibutuhkan kurang lebih 2-4 orang, 1 orang teknisi 1 orang operator dan 2
orang kolektor (penagih uang bulanan)
Menetukan
tariff pemasangan pertama dan biaya langganan \bulan yang akan di bayar oleh
pelanggan\konsumen. Pemasangan baru Rp 150.000, Pembayaran Iuran perbulan Rp
25.000
BAB IV
PENUTUP
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah
proposal ini dengan segala baiknya.
Penyusun berharap semoga usaha
ini dapat berkembang dengan baik walaupun disadari akan banyak hal yang akan
terjadi baik susah maupun senang, kecewa maupun sukacita. Penyusun pun meyakini
dengan rencana usaha ini bisa menghasilkan keuntungan besar guna kesuksesan
dari usaha ini, pastinya.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima
kasih.
LAMPIRAN 1
Proposal Ini Adalah Proposal Ini Di Buat Berdasarkan
Keputusan Dari Pihak-Pihak Yang Bersangkutan Dalam Pengajuan Permintaan Dana
Untuk Pengembangan Usaha Tv Kabel Parabola.
Yang
Mengetahui :
WINDA SARI
PEMERINTAH KABUPATEN JAKSEL
ALVINA DWI ARTI
SEKERTARIS
BENDAHARA
ADE FANI AVIKA
ANANDA
PEMERINTAH KABUPATEN JAKSEL
ALVINA DWI ARTI
KOORDINATOR PERUSAHAAN
IRMA SAPUTRI BOMBAR
LAMPIRAN 2
TEKNOLOGI yang digunakan ;
- Receiver
- Parabola
- Televisi
- Modulator
- Boster
- Dibimeter
- Kabel
- Peralatan Instalasi
- Komputer
- Printer
- Kamera
- VCD/DVD
PERBAIKI TEKNOLOGI
- Dibutuhkan tambahan pada receiver parabola, khususnya untuk
siaran luar negeri atau olahraga
- Dibutuhkan 2 sampai 5 televisi lagi sebagai pemantau siaran di
dalam studio
- Boster yang digunakan di upgrade keboster outdoor, yang bisa
membuat jangkauan frekuensi siarannya lebih kuat/terang.
- Pengadaan kabel ukuran lebih besar agar bias menjangkau
daerah-daerah yang cukup jauh, tanpa mengurangi kualitas siaran
- Penambahan Komputer di dalam studio untuk pembuatan receiver,
agar bisa melakukan pemutaran film/video lebih lama atau nonstop tanpa di
awasi.
- Komputer yang
dimiliki di upgrade agar bisa lebih cepat dalam melakukan pengeditan video
CARA PERSAINGAN ;
Dilokasi
central studio, terdapat 3 tv kabel yang sama, tetapi dengan adanya kedua tv
kabel tersebut, kami akan memberikan
pelayanan yang terbaik untuk pelanggan karena;
Purusahan
mempunyai identitas sendiri yaitu selain menayangkan program-program siaran
nasional maupun internasional, perusahan juga menayangkan siaran lokal dan
siaran berita daerah melalui reporter yang dimiliki perusahan.
Tidak
mengambil pelanggan perusahan lain, tanpa ada komunikasi terlebih dahulu.
Melakukan
promo hadiah bagi pelanggan yang pembayaran iurannya tepat waktu.
Kualitas
siaran terus di perhatikan, agar setiap lokasi mempunyai siaran yang baik.
Lebih
cepat menanggapi gangguan siaran dari pelanggan
Jika
mengacuh pada SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threath), maka dapat
disimpulkan bahwa, Opportunity (peluang) yang didapat dimana Jangkauan
pelanggan yang masih luas ; Strenght (kekuatan), Memiliki kedekekatan secara
emosional dengan masyarakat, Mempunyai teknisi yang kompoten dan mengetahui
lokasi, Pengalaman perusahan di tv kabel sudah belasan tahun ; Weaknes
(kelemahan) , Adanya masyarakat yang baru pindah sehingga belum terlalu
mengenal pemilik perusahan, Hanya memiliki 2 teknisi ; Threath (ancaman),
Memerlukan jaringan kabel yang panjang, apabila di sekitar situ belum ada
pelanggan
S W O T
S
W
O
T
|
Strenght
(Kekuatan)
o Memiliki kedekekatan secara emosional dengan masyarakat,
o Mempunyai teknisi yang kompeten dan mengetahui lokasi,
o Pengalaman perusahan di tv kabel sudah belasan tahun
|
Weaknes
(Kelemahan)
o Adanya masyarakat yang baru pindah sehingga belum terlalu
mengenal pemilik perusahan,
o Hanya memiliki 2 teknisi
o Memiliki modal yang pas-pasan
|
Opportunity
(Peluang)
o Jangkauan pelanggan yang masih luas
o Memiliki hubungan baik antara pemilik usaha ini dengan siapa
saja
o Masih banyak masyarakat yang menyukai siaran yang kami
tawarkan
|
Lebih meningkatkan kualitas siaran dan lebih professional dalam
keluhan-keluhan pelanggan serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada para
pelanggan.
|
Meningkatkan kinerja
Bekerja dengan cerdas
Membuat sistem yang pas / sesuai untuk pengembangan jaringan
Pemahaman terhadap masyarakat dan pelanggan yang ada
Lebih konsisten dan lebih mengutamakan kenyamanan bersama
|
Threath
(Ancaman)
o Terjadi persaingan tidak sportif dari pihak lain/ usaha
sejenis, dimana mereka se-enaknya melakukan “curang”, dsb
o Pelanggan yang akan pindah jaringan
|
Lebih konsisten dan lebih mengutamakan kenyamanan bersama
Membuat suatu sistem yang bisa men-seragamkan apa saja yang ada
di usaha ini,,
Agar bisa menikmati passive income, nantinyaa….
|
Menjadikan usaha ini lain daripada yang lain, bukan untuk
mencari “keuntungan” seperti yang lainnya, tetapi bekerja ikhlas dan lebih
banyak beramal :)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar