Rabu, 15 Maret 2017

Proposal Usaha Tv Kabel Parabola



( USAHA TV KABEL PARABOLA BERLANGGANAN )
Alamat jln.Kebayoran Baru No.12b Jakarta Selatan Sulawesi Selatan




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan tuntunan-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini dengan sebaik mungkin. Proposal ini dibuat karena merupakan salah satu syarat untuk memenuhi mata kuliah Kewirausahaan. Proposal ini tidak dapat tersususn dengan baik tanpa bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penyusun mengucapkan terima kasih kepada yang dosen pembimbing, teman-teman, serta orang tua yang telah membantu penyusun dalam proses penyusunan bahkan penyelesaian proposal ini. Semoga budi baik dan jasa-jasa mereka akan mendapatkan balasan yang baik dari Tuhan Yang Maha Esa. Amin.Penyusun berharap proposal ini dapat bermanfaat begi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.


Penyusun

ADE FANI












DAFTAR ISI
Kata Pengantar .................................................................................................................................2
Daftar Isi......................................................................................................................................... .3
BAB I
PENDAHULUAN ..........................................................................................................................4
A. Latar Belakang ............................................................................................................................4
B. Tujuan Perusahaan ..................................................................................................................... 4
C. Keunggulan tv kabel .................................................................................................................. 4

BAB II
GAMBARAN UMUM TV KABEL ............................................................................................. 5
A. TV kabel dan cara membuatnya ................................................................................................ 5
B. Siaran / Chanel ........................................................................................................................... 5
C. Pesaing ........................................................................................................................................6
D. Saluran Distribusi .......................................................................................................................6

BAB III
PEMBAHASAN ............................................................................................................................ 7
A. PROFIL PERUSAHAN .....................................................................................................................7
B. ASAS LEGALITAS.....................................................................................................................7
C. SASARAN DAN TARGET ........................................................................................................7
D. CARA KERJA............................................................................................................................ 7
E. JANGKAUAN PELAYANAN .................................................................................................. 7
F. KAJIAN BIAYA .........................................................................................................................8
G. MANAGEMENT KEUANGAN ................................................................................................8

BAB IV
PENUTUP ......................................................................................................................................9
LAMPIRAN 1 ..............................................................................................................................10
LAMPIRAN 2 ...........................................................................................................................11









BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dewasa ini tontonan televisi sering menjadi pilihan para masyarakat untuk menghibur dari kejenuhan,mencari informasi dan lain sebagainya. Banyaknya acara \chanel di tv yang berfariasi menambah daya tarik tersendiri, seperti chanel kartun, sinetron, film, berita, dan lain sebagainya.Maka dari itu kebanyakan dikota indonesia bahkan luar negri membuat usaha jasa yang menyediakan siaran-siaran \cahanel yg menarik. Yaitu adalah tv kabel berlangganan.

B. Tujuan Perusahaan                                                                                                             Secara garis besar tujuan usaha yang dibuat adalah ;
1. Menciptakan lapangan kerja.
2. Memberi pelayanan pada masyarakat.
3. Mempermuda masyarakat dalam mengakses siaran TV local maupun internasional  dengan mudah dan murah (sangat terjangkau)

C. Keunggulan tv kabel  
Tv kabel mempunyai banyak keunggulan ;
a. ganbar lebih jernih
b. tidak memakai tiang antenna atau parabola yang akan di pasang ke pelanggan
c. siaran\chanel yg lebih banyak dalam negri maupu luar negri
d. lebih murah biaya langganan daripada tv berlangganan yang lain seperti berlangganan telkomvision, dll
e. acara bisa di tentuka sesuai yang kita harapkan dan bisa menyiarkan acara lokal seperti liputan-liputan acara dari studio tersebut
f. bisa untuk acara iklan dari daerah itu sendiri ,seperti iklan usaha ,iklan partai, dan pemberitahuan tentang segala hal.


























BAB II
GAMBARAN UMUM TV KABEL

A. TV kabel dan cara membuatnya
     Tv kabel adalah usaha yang menjual jasa yang berbentuk siaran\chanel,
     cara membuatnya ;
1) membuat central \pusat tv kabel yang didalamnya ada rangkaian alat-alat seperti; parabola, receiver, modulator, Trunk amplifayer (penguat signal), power supply, tap, spliter, yang di gabung menjadi satu.
2) medistribusikan hasil cental {signal} tersebut melalui kabel ,yang di pasang pada tiang-tiang telkom yang setiap tiangnya kabel akan di potong dan di beri alat penyambung (optic), penguatsignal untuk menyambung ke konsumen\pelanggan.

B. Siaran / Chanel
     Siaran\chanel yang akan di berikan kepada pelanggan sebagai berikut :
     a. Siaran TV Lokal dan Nasional
1) Kompas TV
2) TV Edukasi
3) TV One
4) RCTI
5) SCTV
6) Shine TV
7) Metro TV
8) MNC TV
9) Global TV
10) Indosiar
11) J Chanel
12) ANTV
13) Trans TV
14) Trans 7
15) TVRI
16) B Chanell
     b. Siaran TV Internasional
1) Nickolodeon
2) Cartoon Network
3) Australia Network
4) Spacetoon
5) FOX
6) FOX Movie Premium
7) Star World
8) HBO
9) Cinemax
10) Star Sport
11) FOX Crime
12) Dubai Sport
13) Celectial
14) National Geographic
15) AXN
16) ESPN
17) ZBTV


C. PESAING
Pada saat ini pesaing dalam layanan tv berlangganan / tv kabel memang sudah cukup ketat. Dimana lokasi studio kami berada sudah ada beberapa yang juga melakukan usaha yang sama dengan kami. Tetapi kami yakin usaha yang kami jalani dapat terus berjalan dengan baik dan maju, dengan cara usaha yang keras dan sungguh-sungguh serta pelayanan terbaik yang kami lakukan, tidak akan kalah dalam persaingan dengan usaha-usaha yang orang lain lakukan.

D. Saluran Distribusi
Cara yang akan dilakukan dalam melakukan usaha ini, yakni menyalurkan siaran-siaran lokal/nasional maupun internasional kepada setiap pelanggan yang ada, yakni : 16 Channel Lokal/Nasional dan 17 Channel Luar/Internasional.














































BAB III
PEMBAHASAN

A. PROFIL PERUSAHAN
     1. Identitas Perusahaan
Nama Perusahan          : TV Kabel Kuranga
Alamat                         : Jl. Kampus Talete II Lingk. III  Kec. Tomohon Tengah
No. Telp.                     : (0431) 352.325
Bentuk Usaha              : Jaringan

     2. Susunan Pengurus
Pimpinan Perusahan    : Winda Sari
Karyawan                    : Annisa
  Lelawati
  Irmawati
  Alvina Dwi Arti

B. ASAS LEGALITAS
    Telah disahkan oleh ;
o Notaris & Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT),
o Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT)
o Badan Kesatuan Bangsa, Politik, Dan Perlindungan Masyarakat, Pemerintah Kota
o Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota

C. SASARAN DAN TARGET
     Sebelum membuat centaral tv kabel perlu dperhatika hal-hal sebagai berikut :
a. Penempatan central yang sangat strategis yaitu dengan banyaknya rumah-rumah kost, perkantoran, persekolahan, rumah warga yang cukup padat
b. Taraf ekonomi masyarakat menengah ke atas{di kota}. bisa di simpulkan semakin banyak perumahan semkin banyak kesempatan meraih pelanggan . Target dalam 1 tahun pelanggan 350-500 pelanggan atau lebih.

D. CARA KERJA
     Cara kerja yang perlu di lakukan :
a. central tv kabel harus selalu di control setiap saat
b. apabila akan mengadakan pemasangan pada pelanggan baru, sebelum memasang ke pelanggan baru tersebut terlebih dahulu kita survey tempatnya
c. jaringan\kabel yang berada di tiang Telkom harus selalu di kontrol
d. konsumen yang akan memasang\mendaftar tentunya sudah menghubungi kantor/ studio, dan mesetujuisyarat-syarat yang di ajukan.
e. Pelanggan TV Kabel harus membayar iuran TV setiap bulanya.

E. JANGKAUAN PELAYANAN

*      Central Pusat/Lokasi Studio
*      Wilayah kakaskasean (sampai pom bensin)
*      Wilayah Kakaskasen Parakletos & Ukit (Rumah Kost)
*      Wilayah Talete II (Perkantoran, Persekolahan, Perkuliahan, rumah kost)
*      Wilayah Sebagian Talete II & Kamasi Lewet
*      Wilayah Talete I (Rumah warga
*      Wilayah Terminal Beriman Kota Tomohon (Kelurahan Talete I)


F. KAJIAN BIAYA
    Biaya-biaya,
1. Biaya modal awal atau pembuatan central\pusat tv kabel beserta daftar dan banyaknya alat alat yang akan di beli sebagai berikut ;

No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga /Unit
(Rp)
Jumlah
(Rp)
1
Resiver
30
1.100.000
33.000.000
2
Modulator
30
1.750.000
52.500.000
3
Boster Outdor
10
750.000
7.500.000
4
Kabel
10 rol
1.500.000
15.000.000
5
piring parabol
3 set
750.000
2.250.000
6
Motor penggerak
1 set
750.000
750.000
7
Power Suppy
2
1.250.000
2.500.000
2. Biaya teknisi Rp 10.000.000
3. Biaya membuat izin pelayanan tv berlangganan +/- Rp100.000.000
4. Biaya akomodasi Rp 1.000.000 (ongkos pembelian alat, makan)
5. Biaya pembelian motor untuk kegiatan kerja rutin 5-10 juta
Jadi untuk biaya modal awal kuarang lebih : Rp 249.205.000
Selain biaya modal awal seperti di atas ada juga biaya perawatan rutin, setiap bulanya :
1. Pembayaran listrik Rp 250.000 /bulan
2. Pembayar gaji karyawan Rp 1.000.000/4 karyawan /bulan
3. pembelian alat, kabel, boster tap, spliter, solasi (alat menyambung atau perawatan), voucer paket channel /bulan Rp 5.000.000

G. MANAGEMENT KEUANGAN
*      Pihak investor adalah pemilik saham utama
*      karyawan yang dibutuhkan kurang lebih 2-4 orang, 1 orang teknisi 1 orang operator dan 2 orang kolektor (penagih uang bulanan)
*      Menetukan tariff pemasangan pertama dan biaya langganan \bulan yang akan di bayar oleh pelanggan\konsumen. Pemasangan baru Rp 150.000, Pembayaran Iuran perbulan Rp 25.000




















BAB IV
PENUTUP

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah proposal ini dengan segala baiknya.
Penyusun berharap semoga usaha ini dapat berkembang dengan baik walaupun disadari akan banyak hal yang akan terjadi baik susah maupun senang, kecewa maupun sukacita. Penyusun pun meyakini dengan rencana usaha ini bisa menghasilkan keuntungan besar guna kesuksesan dari usaha ini, pastinya.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.












































LAMPIRAN 1

Proposal Ini Adalah Proposal Ini Di Buat Berdasarkan Keputusan Dari Pihak-Pihak Yang Bersangkutan Dalam Pengajuan Permintaan Dana Untuk Pengembangan Usaha Tv Kabel Parabola.
Yang Mengetahui :

PEMIMPIN PERUSAHAAN




WINDA SARI

PEMERINTAH KABUPATEN JAKSEL
 




                                    
           ALVINA DWI ARTI                                                                                



               SEKERTARIS                                                                          BENDAHARA
 




       ADE FANI                                                                                 AVIKA ANANDA



PEMERINTAH KABUPATEN JAKSEL
 




                                                              ALVINA DWI ARTI                                                                                 


KOORDINATOR PERUSAHAAN

 



IRMA SAPUTRI BOMBAR





LAMPIRAN 2


TEKNOLOGI yang digunakan ;
- Receiver
- Parabola
- Televisi
- Modulator
- Boster
- Dibimeter
- Kabel
- Peralatan Instalasi
- Komputer
- Printer
- Kamera
- VCD/DVD

PERBAIKI TEKNOLOGI
- Dibutuhkan tambahan pada receiver parabola, khususnya untuk siaran luar negeri atau olahraga
- Dibutuhkan 2 sampai 5 televisi lagi sebagai pemantau siaran di dalam studio
- Boster yang digunakan di upgrade keboster outdoor, yang bisa membuat jangkauan frekuensi siarannya lebih kuat/terang.
- Pengadaan kabel ukuran lebih besar agar bias menjangkau daerah-daerah yang cukup jauh, tanpa mengurangi kualitas siaran
- Penambahan Komputer di dalam studio untuk pembuatan receiver, agar bisa melakukan pemutaran film/video lebih lama atau nonstop tanpa di awasi.
- Komputer yang dimiliki di upgrade agar bisa lebih cepat dalam melakukan pengeditan video

CARA PERSAINGAN ;
     Dilokasi central studio, terdapat 3 tv kabel yang sama, tetapi dengan adanya kedua tv kabel     tersebut, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan karena;
*      Purusahan mempunyai identitas sendiri yaitu selain menayangkan program-program siaran nasional maupun internasional, perusahan juga menayangkan siaran lokal dan siaran berita daerah melalui reporter yang dimiliki perusahan.
*      Tidak mengambil pelanggan perusahan lain, tanpa ada komunikasi terlebih dahulu.
*      Melakukan promo hadiah bagi pelanggan yang pembayaran iurannya tepat waktu.
*      Kualitas siaran terus di perhatikan, agar setiap lokasi mempunyai siaran yang baik.
*      Lebih cepat menanggapi gangguan siaran dari pelanggan

     Jika mengacuh pada SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threath), maka dapat disimpulkan bahwa, Opportunity (peluang) yang didapat dimana Jangkauan pelanggan yang masih luas ; Strenght (kekuatan), Memiliki kedekekatan secara emosional dengan masyarakat, Mempunyai teknisi yang kompoten dan mengetahui lokasi, Pengalaman perusahan di tv kabel sudah belasan tahun ; Weaknes (kelemahan) , Adanya masyarakat yang baru pindah sehingga belum terlalu mengenal pemilik perusahan, Hanya memiliki 2 teknisi ; Threath (ancaman), Memerlukan jaringan kabel yang panjang, apabila di sekitar situ belum ada pelanggan












S W O T
S
W
O
T
Strenght
(Kekuatan)
o Memiliki kedekekatan secara emosional dengan masyarakat,
o Mempunyai teknisi yang kompeten dan mengetahui lokasi,
o Pengalaman perusahan di tv kabel sudah belasan tahun

Weaknes
(Kelemahan)
o Adanya masyarakat yang baru pindah sehingga belum terlalu mengenal pemilik perusahan,
o Hanya memiliki 2 teknisi
o Memiliki modal yang pas-pasan

Opportunity
(Peluang)
o Jangkauan pelanggan yang masih luas
o Memiliki hubungan baik antara pemilik usaha ini dengan siapa saja
o Masih banyak masyarakat yang menyukai siaran yang kami tawarkan

Lebih meningkatkan kualitas siaran dan lebih professional dalam keluhan-keluhan pelanggan serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan.
Meningkatkan kinerja
Bekerja dengan cerdas
Membuat sistem yang pas / sesuai untuk pengembangan jaringan
Pemahaman terhadap masyarakat dan pelanggan yang ada
Lebih konsisten dan lebih mengutamakan kenyamanan bersama
Threath
(Ancaman)
o Terjadi persaingan tidak sportif dari pihak lain/ usaha sejenis, dimana mereka se-enaknya melakukan “curang”, dsb
o Pelanggan yang akan pindah jaringan

Lebih konsisten dan lebih mengutamakan kenyamanan bersama
Membuat suatu sistem yang bisa men-seragamkan apa saja yang ada di usaha ini,,
Agar bisa menikmati passive income, nantinyaa….
Menjadikan usaha ini lain daripada yang lain, bukan untuk mencari “keuntungan” seperti yang lainnya, tetapi bekerja ikhlas dan lebih banyak beramal :)

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar